Bank Indonesia Bina Trubus Iman untuk Tingkatkan Kemandirian Pesantren

Trubus Iman, 02/10/2020. Pesantren adalah lembaga pendidikan Islam yang berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat. Sistem lembaga pendidikan yang berdiri dan berkembang dengan model swadaya dan swadana di Nusantara ini terus berkembang dan bahkan mampu mengikuti perkembangan zaman dan menerima modernitas setiap waktu.

Salah satu pilar yang menjadi nilai dan filosofi pesantren adalah “kemandirian”. Kemampuan untuk bisa dikelola dan dikembangkan secara mandiri menjadi prinsip dan kesakralan lembaga pendidikan pesantren untuk bisa mempertahankan dan menjalankan ideologi pendidikan Islam yang diajarkannya.

Saat ini pemerintah dan lembaga-lembaga penting negara juga turut berupaya dalam mengembangkan kemandirian pesantren. Salah satunya Bank Indonesia yang berperan aktif dalam memberdayakan potensi ekonomi pesantren. Melalui Bank Indonesia Wilayah Balikpapan, Pondok Pesantren Trubus Iman terpilih menjadi pesantren binaan dalam masa 2 tahun 2020 s.d 2021. Harapannya dalam dua tahun ini pesantren mampu mengembangkan dan memperluas berbagai usaha dan bisnis pesantren.

Selain itu, beberapa kader pesantren yang diutus untuk mempersiapkan beberapa usaha yang telah direncanakan mulai mempersiapkan berbagai kebutihan skill atau keterampilan dengan mengirimkan beberapa SDM mempelajari berbagai keperluan yang direncanakan. Diantaranya pendirian konveksi yang direncanakan mampu diwujudkan pada awal tahun 2021 ini. Menunggu kader konveksi yang pulang dari masa pendidikan. Mohon doa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *