Belajar Membaca Al-Qur’an Seperti Rasulullah SAW

Trubus Iman, 09/02/2019. Lembaga Tim Tahfidz Pondok Pesantren Trubus Iman mengadakan daurah ta’rifiyyah al-Qur’an bersanad. Acara yang dilaksanakan pada Rabu, 6 Februari 2019 ini dihadiri oleh seluruh santriwati dan santri kelas takhassus beserta asatidz dan tamu undangan. Acara yang bertempat di Masjid Khadijah Kampus Putri ini berlangsung mulai jam 08.30 hingga jam 10.00 malam.

Al-Ustadz Rifa’i Al-Haqq sebagai pengisi acara merupakan lulusan S1 PTIQ Jakarta dan Universitas Al-Azhar Mesir sekaligus, memperoleh gelar S1 dibidang Tafsir. Selama belajar di Timur Tengah, beliau memperdalami matan Al-Jazariyyah di Mesir, Makkah dan Madinah dan menguasai 7 sanad matan tersebut. Selain itu, beliau juga memperoleh 6 sanad matan Tuhfatu al-Athfal dari masayikh di Haram, Madinah dan Mesir. Keduanya merupakan matan yang sangat dianjurkan bagi para pewaris Al-Qur’an, ujar Al-Ustadz Daniar dalam sambutannya.

Selain memotivasi para hadirin, pemateri juga langsung mempraktikkan berbagai bacaan-bacaan Rasulullah SAW. Membawa para hadirin ke 1400-an tahun yang lalu. Seolah-olah mendengarkan bagaimana cara Rasulullah SAW membaca al-Qur’an. Subhanallah. Indah dan benar-benar masuk ke relung hati yang paling dalam. Benar-benar tajwid dan tata cara membaca al-Qur’an memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap pendalaman dan penghayatan ayat-ayat al-Qur’an saat dilantunkan.

Pada akhir acara, salah satu santri ikhwan Manan, siswa akhir Trubus Iman membacakan surat al-Fatihah di bawah bimbingan tahsin Al-Ustadz Rifa’i al-Haqq. Pengucapan ayat demi ayat dalam surat al-Fatihah dan berbagai perbaikan makharij al-huruf beserta mudud menambah keindahan surat yang wajib dibaca dala setiap shalat ini. Daurah ini akan menjadi kegiatan rutin terkurikulum dalam proses Tahfidz al-Qur’an di Trubus Iman. Dalam waktu dekat, Tim Tahfidz akan menentukan waktu daurah ilmu tajwid bersanad ini bagi santri dan santriwati serta guru-guru Trubus Iman. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top