Trubus Iman, 11/08/19. Suasana Idul Adha atau Hari Raya Qurban di Trubus Iman mulai terasa sejak sehari lalu. Dimulai dengan puasa arafah bersama-sama yang dilaksanakan oleh seluruh keluarga besar Trubus Iman. Menjelang hari Raya yang dimulai setelah terbenamnya matahari dan buka puasa bersama, diikuti takbir keliling santri dan santriwati di sekitar pesantren menambah kemeriahaan hari besar Islam ini.

Berbeda dengan hari raya Idul Fitri, Idul Adha seluruh santri dan santriwati wajib mengikuti semua program kegiatan. Dibuka dengan shalat Idul Adha bersama-sama di Masjid Khadijah, kemudian makan pagi bersama dan menyaksikan penyembelihan hewan qurban di pesantren. Lebaran qurban tahun ini, Panitia Qurban menerima 6 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Jumlah tersebut diperoleh dari pendiri pesantren 3 ekor sapi, kumpulan kelompot tani Trubus Kencana desa Padang Pengrapat 1 ekor sapi, kelompok walisantri dan guru 1 ekor sapi, sedekah santri dan santriwati 1 ekor sapi, dan 3 ekor kambing dan santri Trubus Iman.

Tepat pukul 09.30, prosesi penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh masyarakat sekitar bekerjasama dengan pesantren. Rencananya, hari pertama ini daging qurban dari 4 ekor sapi dibagikan kepada seluruh keluarga besar pesantren dan masyarakat sekitar. Sementara hari ke dua, panitia qurban menyembelih 2 ekor sapi dan 2 kambing untuk santri dan santriwati Trubus Iman.

Selain itu, Trubus Iman juga tebar imam dan khotib ke beberapa tempat di sekitar pesantren. Pesan-pesan tentang ibadah pelaksanaan qurban disampaikan para khatib untuk menyadarkan dan mengingatkan kembali masyarakat tentang hikmah dibalik syariat berqurban tahun ini. Al-Ustadz Bisri menjadi khatib di pesantren bersama Al-Ustadz Billy yang memimpin shalat berjamaah sebagai imam.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top