Maestro Kaligrafi Indonesia Dr. Didin Sirajuddin Berbagi Ilmu di Trubus Iman

Trubus Iman, 03/09/2019. Sang maestro kaligrafi Indonesia, Dr. Didin Sirajuddin berkenan untuk hadir di Trubus Iman dan berbagi ilmu tentang Kaligrafi serta sejarah dan perkembangannya.

Alumni Gontor tahun 1975 ini hadir di Pesantren Trubus Iman di sela-sela waktu dan kesibukan beliau menjadi juri kehormatan di ajang MTQ Kaltim ke 41 di Kabupaten Paser. Tidak hanya di Indonesia, bahkan dunia internasional pun sering mengundang beliau sebagai juri dalam berbagai kegiatan perlombaan kaligrafi.

Selain menjelaskan pentingnya menulis srab indah (kaligrafi) pada seluruh santriwati, beliau juga menjelaskan keutamaan-keutamaan bagi penulis kaligrafi, khususnya ayat-ayat Al-Qur’an. Selain aktif dalam memenuhi undangan dari berbagai kegiatan, beliau juga mendirikan LEMKA (Lembaga Kaligrafi Al-Qur’an) di Jawa Barat. Hingga sampai saat ini, lembaga tersebut telah meluluskan kurang lebih 1700 pelajar yang tersebar ke seluruh Indonesia.

Pada akhir acara, beliau kemudian menulis “bismillahirrahmanirrahiim” dan “Allah” di atas kain sepanjang 3 meter dengan berbagai warna sekaligus menunjukkan keindahan dan seni kaligrafi kontemporer yang berkembang pesat saat ini. Setiap mata hadirin mengikuti dan menikmati setiap gerakan tangan dengan kekaguman. Karena pada setiap gerakan dan tarikannya memiliki keindahan yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Semoga dengan kehadiran beliau di Trubus Iman meningkatkan minat para¬† santriwati untuk memperdalami ilmu kaligrafi atau yang biasa disebut dengan pelajaran “khot” di lingkungan pesantren.[clear]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *