Menjadi Petani Tidak Menghalangi H. Tony Untuk Mendidik Generasi Muda Menjadi Penghafal Al-Qur’an

Trubus Iman, 01/11/2020. Sosok H. Tony Budi Hartono yang biasa dipanggil dengan H. Tony ini dikenal sebagai seorang petani di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Karirnya dalam dunia pertanian lahir dari dunia pendidikannya saat belajar di Sekolah Pertanian Menengah Atas di Kota Malang.

Namun ternyata, meskipun sangat dekat dengan dunia pertanian, tidak menjadi penghalang bagi seorang Bapak yang memiliki 2 orang anak dan 5 cucu ini untuk menyibukkan diri dalam dunia pendidikan.

Berbagai kegiatan sosial kependidikan dari mulai Sekolah Menengah Kejuruan hingga dunia pendidikan Islam sangat dekat dengan tokoh petani yang satu ini. Bahkan beberapa lembaga pendidikan Islam pesantren di Kabupaten Paser berdiri dan berkembang dengan tangan dingin beliau atas izin Allah SWT.

Salah satunya Pondok Pesantren Trubus Iman yang terletak di tanah wakaf, Desa Padang Pengrapat, Paser. Di atas lahan seluas 30 hektar ini berdiri sekolah agama yang memiliki kurikulum tahfidz, pesantren dan umum. Saat ini sekitar lebih dari 40 hafidz dan hafidzoh telah menyelesaikan 30 juz. Diantaranya sudah selesai menjadi alumni dan melanjutkan studi ke Mesir dan Yaman serta beberapa perguruan tinggi dalam negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *