Perdalam Arti Bacaan Shalat; Pemahaman, Penghayatan dan Pelaksanaan

Trubus Iman, 13 April 2019. Sesuai dengan tujuan pendidikan pesantren Trubus Iman, yang berfokus kepada tiga pokok utama yaitu shalat, al-Qur’an dan bahasa, maka hari ini seluruh santri dan santriwati mengikuti seminar tentang Quantum Bacaan Shalat bersama Ust Ramat Soleh Nasution, alumni Al-Azhar Mesir yang giat menyuarakan tentang pentingnya memahami dan menghayati setiap bacaan shalat.

Acara yang dimulai pada pukul 08.00 pagi di Masjid Muhammad Trubus Iman, dan ditutup dengan acara selanjutnya dengan tema yang sama di Masjid Khadijah khusus akhwat dihadiri oleh seluruh santri dan santriwati bersama seluruh dewan guru. Ust Rahmat menjelaskan, bahwa kehidupan akan membaik bersamaan dengan baiknya pelaksanaan shalat. Hakikat hidup adalah untuk melaksanakan ibadah, dan ibadah yang paling pokok adalah shalat, ujarnya.

Perintah shalat yang secara khusus diturunkan Allah secara langsung, bahkan untuk hal tersebut Allah panggil Rasulullah SAW secara khusus menghadap kepada Rabnya untuk menerima perintah ini dalan peristiwa fenomenal isra’ dan mi’raj. Perlakuan khusus ini tentu ada hikmah yang paling besar bagi semua umat Islam yang benar-benar bisa mencapai hikmah tersebut. Tentu tidak mudah untuk sampai pada tahapan tersbut, kecuali dimulai dengan memahami dan mengerti semua bacaan shalat. Jangan sampai shalat bertahun-tahun bahkan sampai lanjut usia, dibaca berkali-kali setiap waktu bahkan ribuan kali sepanjang hayat dikandung badan, ternyata tidak memahami bacaan-bacaan yang rutin dibacanya. Naudzubillah, semoga kita terhindar dari hal tersebut, ujar beliau.

Melalui pelatihan bacaan ini, diharapkan seluruh santri dan santriwati sadar sejak dini dan menghayati setiap kata dan kalimat dari lantunan doa dan zikir yang selalu diucapkan dalam waktu-waktu shalat. Sehingga akhirnya lahir generasi yang benar-bener berkpebribadian dan berakhlak shalat, yaitu generasi yang anti berbuat fahsya (keji) dan munkar. Allahumma amiiin.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top