Pertama di Kabupaten Paser, Pusat Layanan Asesmen dan Terapi Psikologis

Trubus Iman, 11 Januari 2018. Kini hadir pertama kalinya di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Pusat Layanan Asesmen dan Terapi Psikologis Terapan. Tepatnya di Pondok Pesantren Trubus Iman, Desa Padang Pengrapat, Kec. Tanah Grogot, Kab. Paser, Kalimantan Timur. Layanan di bawah naungan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam ini bernama Trubus Assessment Center.

Meskipun baru Jum’at, 12 Januari 2018 ini secara resmi dibuka, namun beberapa masyarakat sudah datang ke tempat ini untuk berkonsultasi dan melakukan tes kematangan persiapan untuk studi lanjut di berbagai bidang pendidikan. Pusat layanan ini dipimpin oleh Ustadzah Anisa Indah Lestari, B.H.Sc., M.Psi., Psikolog, Pimpinan Pondok Pesantren sekaligus seorang psikolog bidang klinis yang telah menamatkan studi S1 Psikologi Islam di University Islam Antarabangsa (UIA) atau yang dikenal umum dengan International Islamic University Malaysia (IIUM). Kemudian melanjutkan Magister Profesi Psikologi Klinis di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Pusat terapi ini menyediakan berbagai jenis layanan seperti; diagnosis multiaksial, rekam psikologis, pemeriksaan psikologis lanjutan, psikoterapi, konseling, brief therapy, intervensi krisis, deteksi gangguan perkembangan anak, autisma, deteksi gangguan pemusatan perhatian atau hiperaktivitas, deteksi retardasi mental, terapi gangguan kecemasan, terapi gangguan somatisasi, terapi gangguan psikotik, depresi, dan masalah keluarga atau terapi keluarga serta berbagai layanan psikologi lainnya.

Pusat layanan psikologis ini merupakan salah satu program pengembangan Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Trubus Iman. Tujuannya untuk membantu proses pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan di bawah Yayasan ini. Namun pun demikian, tempat ini juga terbuka untuk umum dan siapa pun yang membutuhkan layanan dan terapi psikologis, sehingga dapat memberikan manfaat di tengah-tengah masyarakat. Allahumma amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top