Pimpinan Pondok Tekankan Niat Belajar dalam Pembukaan Ujian Tulis

Trubus Iman, 30/11/2019. Suasana awal ujian tulis di Pondok Pesantren Trubus Iman dibuka dengan arahan dan nasehat dari salah satu Pimpinan pesantren, Al-Ustadz Dr. Daniar.

Pimpinan pondok kembali mengingatkan, bahwa santri dan santriwati adalah para pejuang yang masuk dalam jihad menegakkan agama Allah. Karena Al-Qur’an menyerukan kepada sekelompok umat Islam untuk memperdalam agama Allah dan kembali untuk memberikan peringatan kepada kaumnya kelak. Sementara lainnya berjuang jihad memerangi musuh-musuh Allah di muka bumi ini.

Tentunya, ujian yang akan anak-anak hadapi adalah bagian dari proses yang sangat panjang. Karena dalam kehidupan setiap saat dan waktu akan di uji. Bukan hanya pada tataran keilmuan seperti saat ini, tetapi sabar pada saatnya akan di uji. Lapar ketika tiba waktunya juga di uji. Bekerja nanti ketika dewasa juga banyak ujian. Bahkan menentukan pasang hidup pun banyak ujian yang harus dupersiapkan. Artinya, semua aktifitas kehidupan semuanya akan ada masa ujiannya. Maka ujian kali ini hanya sebagai penciptaan kondisi mental dan sikap, hingga pada saatnya nanti masing-masing akan diuji dengan ujian-ujian kehidupan.

Kalau sudah terbiasa dengan ujian-ujian seperti ini, maka anak-anakku memiliki sikap dsn pola pikir berbeda pada saat nanti mendapatkan berbagai permasalahan hidup. Tidak mudah putus asa, pantang menyerah, dan bisa mengatasi masalaha dengan baik. Karena mentalnya telah banyak kali diuji dengan simulasi-simulasi ujian formal seperti ini.

Selain itu, ujian ini hanya permulaan. Bukan akhir dari proses pembelajaran. Karena ujian yang sesungguhnya adalah memperingatkan umat dan masyarakat Islam pada saat nanti anak-anakku kembali ke masyarakat. Semua yang dipelajari di pondok pada saatnya akan ditanyakan sesuai dengan permasalahan kehidupan kelak. Maka, sebagai pelajar hsrus mempersiapkan semuanya untuk bekal kelak kembali ke tempatnya masing-masing.

Semoga apa yang anak-anakku semua pelajari adalah bagian dari perjuangan mencari ridha Allah SWT. amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *