Trubus Iman, 24/11/2018. Hari Ahad, 25 November 2018 adalah hari akhir santri belajar aktif di kelas. Tim Panitia Persiapan dan Pelaksanaan Ujian Semester 2018 membuat resolusi baru untuk para santri yaitu Ujian Lisan (Safahi). Ujian Lisan adalah ujian dengan metode tanya jawab dan praktik berhadapan langsung dengan penguji. Ujian ini dilaksanakan untuk menguji para santri agar dapat mencapai visi utama Pondok Pesantren Trubus Iman, yaitu berpikir modern dan berakhlak Al Qur’an serta menegakkan As Sunnah.  Setiap santri akan berhadapan dengan 1 tim penguji yang terdiri dari 3 orang dengan keahliannya masing-masing.

Adapun materi yang akan diujikan terdiri dari 3 bidang. Pertama adalah ujian Fiqih meliputi materi utama yaitu bersuci (thaharah) dan sholat. Tata cara bersuci dan sholat yang sesuai dengan rukun dan syartnya menjadi aspek penilaian utama. Kemudian materi yang kedua adalah Al Qur’an meliputi tahsin dan tajwid. Santri dituntut untuk dapat membaca Al Qur’an dengan benar serta mengetahui hukum tajwidnya. Sedangkan materi akhir adalah Bahasa Arab. Aspek penilaian dalam Bahasa Arab adalah berupa kecapakan santri dalam menjawab pertanyaan (muhadashah) serta aplikasi dalam percakapan langsung bersama penguji.

Ujian Lisan ini akan berlangsung selama 3 hari. Ujian dimulai pada hari Selasa – Kamis tanggal 27-29 November 2018 dengan 12 tim penguji. Tim penguji dibagi menjadi 6 tim di Santri Ikhwan dan 6 tim di Santri Akhwat yang terdiri dari asatidz dan asatidzah yang berpengalaman di bidangnya. Setelah Ujian Lisan selesai santri pun akan bersiap melakukan ujian tertulis (Tahriri) yang in syaa Allah akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Desember 2018.

Marilah ayah, bunda, abi, ummi, mamak, bapak, abah, emak kita doakan anak-anak kita agar dapat melewati semua proses ujian. Ujian adalah untuk belajar.

aamiin allahuma aamiin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top