Trubus Iman, 9 November 2018. Revolusi Industri 4.0 adalah tren pertukaran data dan komunikasi kekinian dalam setiap aspek kehidupan saat ini. Semua bidang sedang terhipnotis dalam era Digital. Tak terlepas pula dalam dunia pendidikan. Selain pendataan yang serba digital dan berbasis aplikasi, kini setiap Madrasah juga diwajibkan melaksanakan ujian berbasis komputer.

Dengan izin Allah pada tahun 2018 Lembaga Pondok Pesantren Trubus Iman turut sukses menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional – Berbasis Komputer (UAMBN-BK). Alhamdulillah, pada Oktober 2019 Pondok Pesantren Trubus Iman ditunjuk menjadi salah satu peserta Bimbingan Teknis (BIMTEK) Ujian Berbasis Komputer di tingkat Kanwil Provinsi Kalimantan Timur diwakili oleh Ustadzah Marini Shadrina Ramadhina, S.Pd. sebagai Proktor Utama Ujian di Pondok Pesantren Trubus Iman Padang Pengrapat, Tanah Grogot.

Pada saat acara pembukaan oleh perwakilan Kabid Penmad Kemenag Kaltim mengatakan agar setiap Madrasah negeri maupun swasta turut serta dalam menyelenggarakan Ujian Berbasis Komputer. Selain itu Beliau juga berpesan untuk tetap selalu semangat dan tidak putus asa kepada seluruh Proktor demi berjalannya Ujian Berbasis Komputer di setiap SATMINKAL.

Bimtek berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 29 – 31 Oktober 2018. Materi hari pertama adalah mengenai Pengenalan Software dan Spesifikasi Hardware oleh Ibu Arini (Helpdesk tingkat Provinsi).  Kemudian pada hari ke dua Bapak Abdusy Syahid, S.T (Helpdesk Kab Kukar) menyampaikan materi mengenai topologi jaringan dan setting laboratorium komputer berstandar nasional. Serta pada hari terakhir diisi oleh Bapak Sutikno, S.Pd (Helpdesk Kota Balikpapan) dengan materi Troubleshooting (Perbaikan Masalah).

Tentunya dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Intl Samarinda, banyak sekali pengalaman serta motivasi yang bias kita jadikan semangat dalam pelaksanaan ujian berbasis computer. Sebut saja salah satu peserta dari Kecamatan Biduk-biduk (Berau) mengenang saat ujian berbasis computer tahun 2018 proktor harus membawa server bolak-balik dari desa di teluk menuju daratan dengan menggunakan perahu untuk mencari sinyal agar dapat mengirim jawaban siswa. Menjadi lecutan semangat tersendiri bagi Proktor Trubus Iman yang tentunya masih lebih dekat dalam mengakses jaringan.  Sebelum acara penutupan dilakukan ujian tertulis mengenai materi yang telah disampaikan. Alhamdulillah dua perwakilan dari Kabupaten Paser termasuk di dalamnya adalah Proktor Trubus Iman berhasil menjadi peserta terbaik. Pihak Kanwil Kemenag berpesan kepada setiap perwakilan sekolah agar menularkan ilmu yang didapat dalam kegiatan Bimtek tersebut dan mendoakan semoga sukses dalam pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer 2019. Aamiin Allahuma Aamin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top