Raudhatu al-Arhfal-Trubus Iman. Kamis, 16 Dzulhijah 1438 H/7 September 2017 M, IGRA atau Ikatan Guru Raudhatu al-Athfal Kabupaten Paser sukses melakukan manasik haji cilik di lapangan MTQ. Kegiatan yang penuh dengan pendidikan ini diikuti lebih dari 10 Raudhatu al-Athfal sekabupaten Paser, termasuk ikut dalam pelaksanaannya RA Trubus iman. Lapangan yang biasa kosong di hari-hari biasa ini dipenuhi dengan haji-haji kecil sekitar kurang lebih 500 peserta.

Tampak canda dan tawa khas haji-haji kecil ini. Bahkan sejak dimulai hingga akhir acara, tidak terlihat wajah-wajah lelah dan letih, semuanya tampak gembira dan antusias mengikuti semua intruksi guru-guru pembimbingnya. Apalahi ditambah dengan pakaian ihrom yang menutupi tubuh-tubuh mungil ini, membawa suasana haji tampak hadir mewarnai proses tahapan rukun haji. Haji-haji kecil tampak bersemangat melontar jumroh, menjalankan towaf, mengikuti sya’i, dan ilustrasi tahalul.

Kegiatan manasik haji ini dilaksanakan untuk menanamkan nilai keislaman kepada anak anak sejak dini khususnya tentang haji yang menjadi kewajiban rukun Islam ke lima. Selain itu, proses ini juga mengajarkan sebuah nilai perjuangan sejarah yang mahal, mengenang kembali Nabiyullah Ibrahim AS, Ismail AS, dan ibunda Hajar. Semoga dengan pelaksanaan manasik haji ini dapat memahamkan anak-anak didik semua tentang ibadah haji. Ya Robb, panggillah setiap anak-anak didik kami ke rumahmu, baitullah, tanah suci haram pada masanya nanti. Amin ya Robb.

Scroll to Top