Seminar dan Motivasi: Al-Qur’an Selesaikan Seluruh Problematika Kehidupan

Trubus Iman, 11/01/2019. Pondok Pesantren Trubus Iman buka kegiatan rutin tahunan, ujian tahfidz al-Qur’an bagi seluruh santri dan santriwati, mulai tingkat pertama hingga tingkat akhir. Ujian tahfidz (hafalan) al-Qur’an ini dibuka dengan seminar motivasi “With Qur’an By My Side Nothing is Impossible”. Hadir mengisi seminar ini al-Ustadz Luqmanulhakim dari Pontianak, Kalimantan Barat. Penulis buku “Mustahil Miskin” ini juga aktif dalam kegiatan sosial keagamaan.

Turut hadir dalam acara ini seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Trubus Iman. Dalam pembukaan Pimpinan Pondok Pesantren, Al-Ustadz Daniar, MA menyampaikan kembali dan mengingatkan para hadirin, bahwa menghafal al-Qur’an bukanlah tujuan, melainkan langkah awal untuk membuka lebara dan menambah wawasan dan keilmuan sebagai modal awal untuk mentadabburi ayat-ayat Allah dan kemudian sedikit demi sedikit berupaya untuk mengamalkan dalam segala aktivitas kehidupan. Maka kewajiban seorang muslim bukan hanya membaca dan menghafal, itu baru langkah pertama untuk sebuah perjalanan yang sangat panjang. Tugas berikutnya adalah mentadabburi dan mengamalkan apa yang telah di baca dan dihafalkan, ujarnya.

Al-Ustadz Luqmanulhakim menyampaikan, bahwa segala problematika kehidupan dan segala bentuk ujian manusia memiliki kunci jawaban yang pasti benar. Semuanya terdapat dan tertulis dalam al-Qur’an. Maka siapapun yang datang kembali mempelajari dan mencari lembar-lembar jawaban persoalan kehidupan dalam al-Qur’an semua persoalan hidup pasti terselesaikan. Jauhnya umat terhadap al-Qur’an semakin menambah jarak antara Allah dan makhluk ciptaan-Nya. Karena hanya dengan dan melalui kitab suci umat Islam ini setiap hamba manusia dapat mengenal Rabnya, ungkap motivator yang mengenyam pendidikan Master di Universitas Islam Antarabangsa Malaysia.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top