KURIKULUM PENDIDIKAN

Pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Trubus Iman berpedoman pada tiga sistem kurikulum yang saling terintegrasi. Ketiga kurikulum tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kurikulum Kementerian Agama, yaitu kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah melalui edaran Kementerian Agama Republik Indonesia.
  2. Kulliyatu al-Mu’allimin al-Islamiyah (KMI), adalah Sekolah Pendidikan Guru Islam yang modelnya hampir sama dengan Sekolah Islam di Padang Panjang dan saat ini digunakan diberbagai Pondok Pesantren Moder, salah satu pelopor utamanya adalah Pondok Modern Gontor Ponorogo. Model ini kemudian dipadukan dengan model kurikulum Kementeria Agama.
  3. Program Takhassus Tahfidz al-Qur’an, yaitu progam menghafal al-Qur’an 30 juz. Program ini dijalankan melalui proses seleksi khusus yang telah ditentukan syarat dan peraturannya oleh Pesantren Trubus Iman. Namun pun demikian, santri-santri yang tidak mengikuti program khusus ini tetap mendapat bimbingan dari Ustadz Hafidz dan Hafidzah sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

TENAGA PENGAJAR

Pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Trubus Iman dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah yang berasal dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi Nasional dan Internasional, serta berbagai lembaga pendidikan Pesantren di Indonesia. Seperti Universitas Islam Antarabangsa (UIA) atau International Islamic University Malaysia (IIUM), Universitas Multimedia Malaysia (UMM), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Universitas Darussalam Gontor, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Mataram, dan Sekolah Tinggi Ilmu al-Qur’an Rasyidiah Khalidiah.

Selain itu, berbagai alumni pesantren Indonesia juga ikut andil dalam proses belajar mengajar di Pesantren Trubus Iman. Seperti Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Gontor, Ponpes Al-Arsyad al-Banjari, Ponpes Wadi Mubarak, Ponpes al-Zaitun, dan Ponpes Harun Nafsi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top