Trubus Iman, 22/11/2019. Suasana malam hari di Pondok Pesantren Trubus Iman tampak berbeda dengan hari-hari biasanya. Sambut hari ujian yang sebentar lagi dilaksanakan, seluruh santri dan santriwati persiapkan diri dengan mengulang dan memperdalam materi pelajaran di malam hari. Tradisi ini biasa disebut dengan “muwajjah”, model belajar malam terbimbing oleh Ustadz dan Ustadzah yang mengawasi dan membimbing proses belajar bersama tersebut.

Setiap sudut pesantren, baik di kampus putra dan putri terdengar suara hafalan pelajaran dengan berbagai materi. Sudut lainnya beberapa orang tampak berkumpul saling bertanya satu dengan lainnya untuk memastikab hafalan atau meyakinkan kebenaran hafalannya. Tidak sedikit juga yang sibuk mencata dan merangkum berbagai pelajaran lainnya.

Tradisi yang sudah lama berjalan di berbagai pondok pesantren modern ini menjadi bagian struktur sistem pendidikan yang menekankan pentingnya untuk mempersiapkan diri menjelang ujian. Prinsip bahwa ujian untuk belajar ditekankan di model pesantren modern. Hasil nilai yang didapatkan merupakan evaluasi bagi para santri dan santriwati terhadap hasil pendidikan dan pembelajaran yang telah didapatkan saat proses pembelajaran satu semester ini. Semoga ilmu yang didapkan memberika  kebaikan dan dapat mereka amalkan kelak dalam kehidupan bermasyarakat. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top