Sabtu, 27 November 2018. Ujian Lisan yang diikuti oleh seluruh Santriawan/wati Pondok Pesantren Trubus Iman merupakan pertamakalinya dilaksanakan, karena dirasa perlu dalam rangka memupuk kepercayaan diri dan kematangan guna penguasaan materi pelajaran yang disampaikan secara verbal. Mendapat antusias yang bagus dari Pimpinan Pondok Pesantren Al Ustadz Reza Jehan Lesmana, B.Sc, MBA, Al Ustadz Daniar, M.A, dan Ustadzah Anisa Indah Lestari, B.H.Sc, M. Psi, Psikolog, beserta Asastidz/zah (guru-guru) yang selalu bersinergi dalam melaksanakan agenda ini.

Adapun mata pelajaran yang di uji dalam Ujian Lisan ini seperti; Bahasa Arab, Fiqh, dan Tahsin Al Qur’an. Mata pelajaran tersebut dianggap perlu untuk bekal santriwan/wati dalam misi berdakwah kepada masyarakat nantinya. Selama ujian lisan berlangsung ruang-ruang kelas disulap menjadi tempat wawancara, satu santri berhadapan dengan 2 (dua) orang penguji berasal dari kalangan guru-guru. Sekiranya ada 20 santri yang setiap harinya masuk keruang ujian dengan sistem panggilan oleh Penguji.

Dengan adanya Ujian Lisan ini semangat belajar santriwan/wati semakin terpacu, karena santri akan belajar dengan sungguh-sungguh dan mereka dilatih percaya diri serta mental yang tinggi, dia cenderung akan melalui ujian dengan baik ketika penuh ketenangan, juga sebaliknya, santri yang kurang percaya diri cenderung merasa takut, grogi dan menjawab dengan ragu-ragu di dalam ruang ujian, sehingga segala yang telah dihafal dan dibaca menjadi terlupakan seperti hilang sekejap mata.

Berakhirnya ujian lisan ini bukan berarti berakhirnya Ujian Akhir Semester Ganjil, akan tetapi segera di susul dengan ujian tulis “tahriri”, jadwal ujian lisan 27-29 November 2018. Begitu padatnya jadwal di Pondok Pesantren Trubus Iman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top