Program Takhassu Tahfidz al-Qur’an Jadi Keunggulan Pondok Pesantren Trubus Iman

Trubus Iman – Pondok Pesantren Trubus Iman (PPTI) dengan totalitas kehidupannya yang islami, tetap eksis mendidik para santrinya dengan seluruh aktivitas yang bernilaikan ibadah. Demi terciptanya santri yang berfikir modern dan berakhlak Al-Qur’an, diselenggarakanlah kegiatan “Tahfidzul Qur’an” yang mana termasuk salah satu dari 3 kurikulum Pondok Pesantren Trubus Iman . Pada kegiatan ini, Trubus Iman mengajari sistem kaderisasi bagi santri yang sudah menghafal 30 juz, guna mendidik dan menyalurkan ilmu hafalannya ke adek kelas yang masih dalam proses menghafal. Hal ini dimaksudkan agar mereka dapat mengamalkan kembali ilmu yang telah didapat kepada para santri.

Kegiatan tahfidzul Qur’an ini diikuti seluruh santri Pondok Pesantren Trubus Iman, yang mana setiap santri diwajibkan untuk menghafal minimal 1 juz dalam satu tahun. Agar kegiatan tahfidzul Qur’an ini berjalan efektif maka dalam 1 hari para santri wajib menyetor hafalannya setiap habis sholah Subuh dan Magrib dengan didampingi langsung oleh asatidz pembimbingnya.

Adapun langkah awal untuk menghafal bagi santri baru adalah dengan memperbaiki bacaan Al-Qur’annya sealama 1 semester, setalah dinyatakan layak dalam membaca Al-Qur’an makan langkah selanjutnya adalah menghafal mulai dari juz 30 kemudian juz 29, 28 dan seterusnya. Untuk mendapatkan hasil hafalan yang maksimal Pondok Pesantren Trubus Iman membuka program Takhossus bagi santri yang berminat untuk memperdalam hafalannya.
Alhamdulillah dengan adanya program Takhossus ini, Pondok Pesantren Trubus Iman sudah mengkhatamkan 3 santri menghafal 30 juz yaitu Akhi Khusnul Mubarak, Ukhti Azzyati Uswatun Hasanah, Ukhti Taisah dan selanjutnya akan menyusul 2 santri yaitu Akhi Eko Rahmadi santri kelas 6, Akhi Muhammad Shidiq Nur Fadhillah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top