Trubus Iman – Sabtu, 25 Agustus 2015, “ID Scout Camp” resmi dibuka oleh salah satu Pimpinan Pondok Pesantren Trubus Iman, Al-Ustadz Daniar, MA. Ikut hadir dalam pembukaan perkemahan penggalang dan penegek ini seluruh keluarga besar Pesantren Trubus Iman, diantaranya Pendiri Pesantren, Bapak. H. Tony Budi Hartono, dan Al-Ustadz Reja Jehan Lesmana beserta Asatidz dan Ustadzat. Perkemahan yang diadakan di bumi perkemahan Agrowisata Trubus Sari ini direncanakan akan berakhir pada hari Rabu mendatang.

Pembukaan perkemahan dimeriahkan dengan berbagai penampilan santri-santri dalam berbagai hal, seperti parade semapore, ketrampilan dan seni baris berbaris, dan berbagai atraksi kepramukaan lain. Pimpinan Pondok selaku Pemimpin upacara menegaskan, bahwa kegiatan kepramukaan di pesantren memiliki nilai-nilai yang lebih positif dibandingkan dengan kegiatan kepramukaan yang biasa dilakukan lembaga pendidikan lain. Semboyan “saya pramuka dan saya muslim” benar-benar menjadi ruh setiap kegiatan gerakan kepramukaan di gugus depan Al-Fatih Trubus Iman.

Pimpinan juga kembali mengingatkan, bahwa embrio gerakan kepramukaan yang lahir dari kepanduan pada masa lalu, lahir bersamaan dengan proses kemerdekaan tanah air tercinta ini. Tokoh-tokoh nasional seperti Presiden Republik Indonesia, Ir. Soekarno, KH. Agus Salim, dan tokoh-tokoh besar lainnya merupakan para pelopor kepanduan yang tercatat dalam sejarah Indonesia. Maka, mempelajari kepramukaan adalah mengingat kembali akan pentingnya nilai-nilai perjuangan dalam mengisi kemerdekaan saat ini.

Selain itu, dengan kepramukaan, seorang pramuka telah menjadikan alam semesta sebagai guru dalam mempelajari kebesaran dan keagungan Allah swt dengan segala ciptaannya. Agama mengajarkannya dengan bahasa istilah “al-Ayah al-Kauniyyah”. Sehingga dengan menghidupkan kembali gerakan pramuka pada asarnya adalah kembali mengingat Allah swt dengan jalan yang berbeda. “Afala tatadabbarun?” tegur dan sapa Allah dalam ayatnya. Semoga kita semua menjadi hambaNya yang pandai bersyukur. Amin ya Robb.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top