Trubus Iman, 17/09/2018. Penyempurnaan bangunan Masjid Khadijah Pondok Pesantren Trubus Iman memasuki babak akhir. Miniatur Masjid Sakhrah, yang menjadi bagian dari Masjidil Aqsa Palestina ini menghadirkan semangat baru bagi santriwati Trubus Iman.

Inspirasi bentuk masjid yang diambil oleh H. Tony Budi Hartono, pewakif dan pendiri pesantren ini berasal dari Masjid Qubbah as-Sakhrah, yang bahasa Inggrisnya dikenal dengan Dome of the Rock, sebuah bangunan persegi delapan dengan kubbah emas yang terletak di samping Masjid Al-Aqsa. Sejarah menyebutkan, bahwa masjid ini dibangun sesaat setelah Yerussalem, atau Baitul Maqdis ditaklukan pertama kali oleh Umat Islam. Masjid ini juga dikenal dengan Masjid Umar Bin Khattab.

Semangat perjuangan dan kegigihan umat Islam dalam menaklukan Yerussalem tersimpan dalam bangunan masjid yang indah ini. Maka tidak salah bila pewakif Trubus Iman berharap, dari Masjid Khadijah yang berbentuk Masjid Sakhrah ini juga melahirkan pejuang-pejuang Islam yang tangguh pada masa mendatang.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top