Trubus Iman, 6 Jan 2018. Memasuki Jumat pertama di Trubus Iman, berbagai kegiatan tampak hingar-bingar dari waktu-kewaktu. Dibuka dengan shalat subuh berjamaah seperti biasanya, dilanjutkan dengan program tahfidz al-Qur’an, dan pembukaan bahasa Arab yang disampaikan Ust Rony Nugroho, yang pernah mengenyam pendidikan di Mesir ini. Begitu juga santriwati, dalam waktu yang sama juga dibuka kegiatan bahasa oleh Ustadzah Anisa, Pimpinan Pondok, alumni International Islamic University Malaysia (IIUM) dan Ustadzah Eka, penggerak bahasa alumni Al-Azhar Mesir.

Kegiatan yang dilakukan selama 30 menit ini digunakan untuk membuka wawasan santri tentang keutamaan bahasa Arab dan Inggris. Dengan bahasa Arab, mampu menguasai ilmu-ilmu agama dengan baik, meningkatkan kecerdasan, dan menambah nilai-nilai spiritual dan keimanan. Sedangkan Inggris, merupakan salah satu kunci mudah dalam berdakwah di dunia. Bahkan dengan tegas, santri yang menghina temannya yang salah dalam berbahasa merupakan jenis pelanggaran berat, dan pantas untuk di botak! Ucap Ust Roni dengan tegas.

Peningkatan bahasa ini tidak lepas dari program pesantren yang berfokus dalam 3 hal utama pendidikan santri; Shalat, al-Qur’an dan Bahasa. Dengan memiliki tiga pilar di atas, bukan tidak mungkin, santri dan santriwati Trubus Iman mampu menjadi ulama-ulama yang intelek di tengah-tengah masyarakatnya. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top