Raudhatul Athfal (RA) Trubus Iman adakan Test IQ (Intelligence Quotient) untuk anak didiknya. Tes ini bertujuan untuk memperoleh nilai yang dapat mencerminkan tingkat kecerdasan setiap individu. Menurut Ibu Anisa Indah Lestari, B.H.Sc., Psikolog, menjelaskan bahwa tes IQ memiliki beberapa ragam model tes, ada yang berupa pertanyaan tertulis dan ada juga  pertanyaan berupa gambar ungkapnya. Beliau juga menjelaskan bahwa deteksi “kecerdasan” anak usia dini sangat penting, diantaranya untuk mengetahui sejumlah kemampuan, seperti menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan tingkatan belajar. Sebab kecerdasan sangat erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh setiap anak jelasnya lagi. Kali ini, anak-anak RA di tes dengan menggunakan alat psikometri yang biasa digunakan untuk tes IQ.

Selain itu, Psikolog yang sedang menyelasikan pendidikan S2 di Kota Pahlawan ini menerangkan berbagai manfaat tes IQ bagi anak. Diantaranya; selain untuk mengukur tingkat kecerdasan, tes ini berfungsi untuk melihat sejauh mana potensi anak yang dapat dikembangkan secara maksimal. Sehingga dapat mengkreasikan antara tingkat kecerdasan dengan hasil belajar yang selama ini dicapai. Selain itu, tes IQ dapat mendeteksi kesulitan belajar yang disebabkan oleh faktor kemampuan atau faktor yang lain seperti kemalasan dan sebagainya. Dapat juga hasilnya dijadikan pertimbangan dalam menentukan jenjang pendidikan si anak.

Tes dimulai pada hari Rabu, 15 Februari 2017 dan akan dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal yang telah diatur oleh Kepala Sekolah RA Trubus Iman. Untuk keperluan ini, semua biaya tes IQ ditanggung oleh Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Trubus Iman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top