Taman Kurma “Jabal Rahmah” Pesantren Trubus Iman

Trubus Iman, 16/04/2020. Ditengah masa pandemi COVID-19, Pondok Pesantren Trubus Iman tetap melakukan berbagai aktifitas Pesantren. Pembangunan, renovasi, tambahan sarana dan prasarana serta berbagai aktifitas lainnya terus berjalan seperti biasanya. Hanya tidak ada kegiatan belajar mengajar. Semuanua dilakukan dengan daring sebagaimana himbauan pemerintah. Untuk memutus mata rantai penyebaran wabah corona.

Meskipun demikian, berbagai aktifitas pendidikan dan pengajaran dilakukan secara online. Penertiban administrasi pesantren juga tetap berjalan. Bahkan berbagai program terus saja dilakukan.

Pembangunan perluasan masjid Muhammad contohnya. Penambahan sarana MCK. Pembangunan 10 kelas baru dan asrama. Banyak lagi renovasi lainnya seperti pembuatan papan nama calon Kampus Institut Teknologi dan Bisnis Trubus Iman dan lainnya.

Juga tidak kalah menarik, dua alat berat terus dikerahkan oleh pewakif dan pendiri Pesantren, H. Tony Budi Hartono untuk menata tanah dan membersihkan sekitar pesantren. Salah satunya adalah memperindah Taman Kurma yang diberi nama “Jabal Rahmah”. Berbagai jenis tanaman kurma tropis tersedia di taman ini. Tahun ini, memasuki tahun ketiga usia taman kurma yang diperkirakan memasuki masa buah di tahun mendatang.

Tanaman timur tengah hasil penelitian dari Inggris ini khusus di tanam di negara tropis. Thailand dan Malaysia bahkan sudah lebih dahulu mengembangkan jenis kurma tropis ini. Di Indonesia belum ada agrowisata dalam skala luas yang sudah melakukan panen akbar jenis kurma ini. Bahkan di Kalimantan Timur baru ada di Pesantren Trubus Iman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *