Siswa-siswi RA Trubus Iman didampingi dengan guru-gurunya mengunjungi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Paser di Kota Tanah Grogot.

Rombongan diterima dengan ramah dan dipandu beberapa staf UPT Pemadam Kebakaran  yang membidangi penyuluhan Pemadam Kebakaran di Dinas ini .Selanjutnya kegiatan diisi dengan pengenalan  ketugasan Pemadam Kebakaran,  pengenalan  peralatan dan perlengkapan Pemadam Kebakaran.

Hal membuat peserta gembira dan bersuka ria adalah ketika Petugas pemadam langsung mendampingi mereka melakukan latihan praktek pemadaman api yang sebenarnya. Dimana para murid bergantian berbaris secara bergantian mempraktekkan peralatan pemadam kebakaran bersama petugasnya. Mereka medapatka bimbinga bagaimana cara memegang selang air dan mengarahkan pipa air ke sumber api yang berkobar. Setelah Pipa air diarahkan maka apipun padam.

Kegiatan ini sebagai motivasi bagi siswa-siswi agar lebih giat belajar, disamping sebagai sarana penyuluhan tentang penanggulangan bahaya kebakaran bagi anak-anak dan guru. Ini juga termasuk  kurikulum yang bertemakan profesi, dimana anak-anak mengerti dan mengenal tentang profesi yang mereka kunjungi, mereka sangat antusias dan bersemangat selama pelaksanaan kunjungan ini. Memperkenalkan Pemadam Kebakaran (Damkar) akhirnya menjadi siswa dan sisiwi lebih mengerti dan paham bagaimana bahaya api bila dipergunakan secara sembarangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top