Trubus Iman, 5 November 2018. Disiplin adalah hal yang sangat penting. Hal ini juga disadari oleh para pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Trubus Iman Paser. Salah satu cara yang diyakini ampuh untuk menanamkan disiplin kepada anak didik adalah dengan adanya pelaksanaan upacara bendera.

Upacara bendera secara rutin dilaksanakan setiap Senin pagi sebelum pembelajaran dimulai. Petugas upacara selalu digilir atau bergantian setiap bulan oleh para santri kelas tinggi. Kelas tinggi yang dimaksud adalah kelas IV, V, dan VI. Pembina upacara juga demikian. Digilirkan dari Kepala Madrasah, berikutnya para Wakil Kepala Madrasah, Wali kelas, sampai guru mata pelajaran.

Bertempat di halaman madrasah yang memiliki pemandangan indah ini anak-anak selalu bersemangat mengikuti upacara. Bahkan mereka sangat antusias mengikuti setiap latihan yang diadakan. Malah ada yang datang ke madrasah pada hari Ahad hanya untuk melatih kemampuan mereka mengibarkan bendera. Sungguh suatu kebanggan bila mereka bisa tampil dengan sangat baik dalam upacara yang rutin diadakan ini.

Ide untuk pelaksanaan upacara bendera ini datang dari wali santri yang menginginkan agar ada rasa kebanggaan bernegara dan sikap disiplin waktu. Upacara selalu diadakan tepat waktu dan dengan pakaian yang standar. Misalnya dengan peci hitam, rambut yang rapi bagi santri pria, sepatu hitam, dan lain-lain. Dengan demikian diharapkan mereka akan terbiasa disiplin dan selalu taat aturan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top