Kurikulum

KURIKULUM PENDIDIKAN

Pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Trubus Iman berpedoman pada tiga sistem kurikulum yang saling terintegrasi. Ketiga kurikulum tersebut adalah sebagai berikut:

Kurikulum Kementrian Agama RI

Dalam menjalankan program pendidikan dan pengajaran sehari-hari, Pondok Pesantren Trubus Iman menggunakan kurikulum lengkap dari Kementrian Agama yang terdiri dari pelajaran-pelajaran umum dan keagamaan.

Kurikulum Kepesantrenan

Segala yang didengar, dilihat, dirasakan, dikerjakan, dan dialami oleh para santri dan warga Pondok Pesantren dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum yang tidak terbatas pada pelajaran di kelas saja, melainkan keseluruhan kegiatan di dalam dan di luar kelas merupakan proses pendidik-an yang tak terpisahkan.

Kurikulum Tahfidz Al-Qur’an (Menghafal Al-Qur’an)

Menghafal Al-Qur’an adalah merupakan system yang dibangun oleh Rasulullah Shallaalllahu Alaihi Wa Sallam dan generasi  berikutnya. Bahkan jika kita amati nama per nama dari generasi terdahulu yang sukses di zamannya, rata-rata mereka sudah hafal Al-Qur’an di usia belia. Lihatlah Imam Syafi’i Rahimahullaah yang hafal Qur’an usia 10 tahun. Lihatlah seorang Ibnu Khaldun sosiolog dan ekonom muslim, dan Muhammad Al-Fatih yang berhasil menaklukkan Konstantinopel di usia 23 tahun, beliau telah hafal Al-Qur’an di usia 15 tahun. Menghafal Al-Qur’an merupakan tangga standar yang dilalui setiap generasi muslim, apapun keahlian mereka nantinya.

TENAGA PENGAJAR

Pelaksanaan proses belajar mengajar di Pondok Pesantren Trubus Iman dilakukan oleh Ustadz dan Ustadzah yang berasal dari berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi Nasional dan Internasional, serta berbagai lembaga pendidikan Pesantren di Indonesia. Seperti:

  1. Universitas Islam Antarabangsa (UIA) atau International Islamic University Malaysia (IIUM)
  2. Universitas Multimedia Malaysia (UMM)
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
  4. Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya
  5. Universitas Mulawarman (UNMUL) Samarinda
  6. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  7. Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor
  8. Universitas Lambung Mangkurat
  9. Universitas Mataram
  10. Sekolah Tinggi Ilmu al-Qur’an Rasyidiah Khalidiah.

Selain itu, berbagai alumni pesantren Indonesia juga ikut andil dalam proses belajar mengajar di Pesantren Trubus Iman. Seperti:

  1. Pondok Modern Darussalam Gontor
  2. Pondok Pesantren Al-Arsyad al-Banjari
  3. Pondok Pesantren Wadi Mubarak
  4. Pondok Pesantren al-Zaitun
  5. Pondok Pesantren Harun Nafsi
  6. dan Pondok Pesantren Darul Hijrah