Trubus Iman Sumbangkan Referensi Wakaf Kepada Pusat Studi Zakat & Wakaf Tazakka

Trubus Iman- Dalam kesempatan launching Pusat Studi Zakat & Wakaf Tazakka yang diadakan bersamaan dengan Seminar dan Workshop Internasional Menejemen Zakat dan Wakaf yang diselenggarakan oleh Lazis Tazakka di Pesantren Tazakka Kabupaten Batang Jawa Tengah (22-23/5/2017), Trubus Iman ikut menyumbangkan ratusan referensi wakaf. Berbagai referensi dalam tiga bahasa, Arab, Inggris dan Indonesia ini merupakan hasil dari pemikiran dan penelitian serta ide-ide pakar-pakar wakaf dunia. Bila dinominalkan dalam rupiah, untuk mendapatkan referensi-referensi tersebut, kurang lebih Trubus Iman telah mengeluarkan biaya sebesar 40 juta rupiah. Sebab, ratusan referensi hanya bisa diakses dengan membelinya di berbagai jurnal online internasional.

Acara seminar dan workshop di isi oleh Dr. Fakhrurrozi, MA pengurus Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat, Bapak Erie Sudewo, salah seorang pendiri Dompet Dhuafa (DD), Dr. Mustafa Dasuki Kasbah dari Pusat Studi Ekonomi Islam Shaleh Kamil, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir, yang menjadi nara sumber utama acara ini, dan ditutup dengan Kiai Anang Rikza Masyhadi, Pimpinan Pondok Pesantren Tazakka, sekaligus Anggota Majelis Pendidikan Tinggi Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam Trubus Iman yang sedang merencanakan membuka Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam di Kabupaten Paser Tanah Grogot Kalimantan Timur.

Dr. Dasuki memberikan beberapa contoh terbaik dalam improvisasi pemanfaatan dana wakaf oleh lembaga-lembaga filantropi dari berbagai belahan dunia. Seperti halnya Mesir, Uni Emirates Arab, Kuwait, Saudi Arabia, bahkan Harvard di Amerika dan Cambridge di Inggris pun maju karena endowment (wakaf). Untuk itu, Trubus Iman terus melakukan berbagai pergerakan dan pengembangan wakaf dalam berbagai sektor. Setelah membuka lahan perkebunan kelapa sawit seluas 400Ha, agrowisata aneka buah-buahan, pertokoan, perkebunan aren diatas lahan 12Ha, budidaya ikan tawar dan rumah makan lesehan, budidaya burung walet, Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kesmasan), dan perkebunan kurma di atas lahan 2Ha, Trubus Iman juga telah merencanakan untuk membuka kembali perkebunan kelapa sawit khusus untuk kesejahetraan guru-gurunya dengan sistem wakaf produktif. Selain itu, berbagai perencanaan wakaf lainnya seperti klinik kesehatan santri dan masyarakat, perkebunan kelapa kopyor, travel haji dan umrah, dan rumah sakit. Semoga apa yang direncanakan ini dapat berjalan dengan baik dan di ridhai Allah SWT. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top