LEMBAGA & TRAINING CENTER

Dalam melaksanakan program-program pendidikan dan pengajaran, Pondok Pesantren Trubus Iman membentuk lembaga yang berperan dalam pendidikan santri selama 24 jam. Lembaga tersebut di bawah kontrol langsung dari kiai, yang merupakan central figure dalam kehidupan pesantren. Lembaga-lembaga tersebut adalah:

Pengasuhan Santri

Lembaga yang membidangi pendidikan dan pembimbingan santri secara keseluruhan, mencakup pembinaan, penerapan disiplin, peningkatan ibadah, pembentukan mental karakter hingga berbagai aktivitas ekstrakurikuler penunjang pendidikan. Lembaga ini membawahi dua organisasi santri:
• Organisasi Pelajar Pondok Pesantren (OP3), yaitu organisasi santri.
• Koordinator Gugus Depan Pondok Pesantren Trubus Iman, yakni organisasi kepramukaan santri.

Raudhatu al-Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI)

Lembaga ini yang bertanggungjawab atas pelaksanaan program pendiikan anak-anak usia dini hingga usia 12 tahun. RA dapat ditempuh dalam masa belajar 2 tahun, adapun MI ditmepuh dengan masa belajar 6 tahun.

Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)

Lembaga ini bertanggungjawab atas pelaksanaan program akademis bagi santri Trubus Iman pada jenjang pendidikan menengah dan menengah atas dengan masa belajar 3 tahun pada MTS dan 3 tahun pada MA.

Lembaga Pengembangan dan Pengelolaan Wakaf.

Lembaga ini bergerak dalam bidang penggalian dana, pemeliharaan, perluasan, dan pengembangan aset-aset wakaf pondok oleh Yayasan Pendidikan dan Sosial Trubus Iman secara langsung.

Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah (LAZIS TRUBUS IMAN)

Lazis Trubus Iman adalah lembaga nirlaba di bawah naungan Yayasan Trubus Iman yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.

Trubus Assesment and Training Centre (TATC)

Biro psikologi yang memberikan pelayanan jasa konsultasi psikologi dan jasa pengelolaan sumber daya manusia bagi santri, organisasi, masyarakat umum dan perusahaan. Selain itu, memberikan pelatihan-pelatihan dan motivasi untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).