SISTEM & ORIENTASI

SISTEM PENDIDIKAN

Sebagai lembaga pendidikan kader pemimpin yang mengutamakan pembentukan mental karakter anak didiknya, Trubus Iman menerapkan sistem pendidikan yang integratif, dan komprehensif.

1. Integratif
Integratif maksudnya memiliki keterpaduan antara intra, ekstra maupun ko-kurikuler dalam satu kesatuan. Sehingga mampu secara konsisten memadukan tripusat pendidikan (pendidikan keluarga, sekolah dan masyarakat) dalam satu program. Memadukan antara keunggulan sistem pendidikan pesantren dan sistem pengajaran madrasah dalam satu paket. Mengintegrasikan antara iman, ilmu dan amal, antara teori dan praktek dalam satu kesatuan.

2. Komprehensif

Komprehensif maksudnya bersifat menyeluruh dan komplit, mengasah semua potensi kemanusiaan, (intelektualitas, spiritualitas, mentalitas, serta fisik) menuju kesempurnaan. Dalam kurikulum pengajaran, menekankan pada keseimbangan antara ilmu agama dan umum, mencakup semua ilmu yang bersifat metodologis maupun bersifat material dan tidak mengenal sistem dikotomis ilmu pengetahuan.

Sarana utama dalam pendidikan di Pondok Pesantren Trubus Iman adalah keteladanan, pembelajaran, penugasan dengan berbagai macam kegiatan, pembiasaan dan pelatihan, sehingga terciptalah miliu yang kondusif, karena seluruh santri tinggal di dalam asrama dengan disiplin tinggi. Setiap kegiatan dikawal dengan rapat, disertai pengarahan, bimbingan dan evaluasi, serta diisi dengan pemahaman terhadap manfaat, sasaran dan latar belakang filosofisnya. Dengan demikian seluruh dinamika aktivitas tersebut dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil optimal.

ORIENTASI PENDIDIKAN

Secara garis besar, arah dan tujuan pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Trubus Iman adalah: Pendidikan Kemasyarakatan; Kesederhanaan; Tidak Berpartai; dan Menuntut ilmu karena Allah.

1. Kemasyarakatan
Pondok Pesantren Trubus Iman menjadi laboratorium kehidupan bagi santri-santrinya. Berbagai macam hal yang akan dihadapi santri di masyarakat, dikenalkan kepada mereka sejak dini. Mereka dilatih berorganisasi dengan penuh disiplin, kepemimpinan, tanggungjawab, perjuangan, semangat pengabdian dan kebersamaan, sehingga mampu menjadi pemimpin yang membawa masyarakat ke arah kemajuan.

2. Kesederhanaan
Pondok Pesantren Trubus Iman mendidik para santrinya untuk hidup sederhana. Mempunyai sikap, pola pikir dan tingkah laku yang wajar, sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.

3. Tidak Berpartai
Pondok Pesantren Trubus Iman adalah lembaga pendidikan murni yang tidak berafiliasi kepada partai politik ataupun organisasi kemasyarakatan apapun. Dengan semboyan “Pondok Pesantren Trubus Iman di atas dan untuk semua golongan”, lembaga ini mendidik santrinya untuk menjadi perekat umat yang bebas dalam menentukan masa depan dan lahan perjuangannya.

4. Menuntut Ilmu Karena Allah
Bagi Pondok Pesantren Trubus Iman, pendidikan adalah sarana untuk ibadah mencari ilmu (thalabul llmi), dan bukan sarana untuk memperoleh ijazah sehingga dapat menjadi pegawai. Pondok menanamkan kepada santri semangat mencintai ilmu dan belajar karena Allah SWT, sebagai manifestasi ibadah yang luhur.

EKSTRAKURIKULER
• Tahfidz Al-Quran
• Diskusi dan Kajian Ilmiah
• Pelatihan Organisasi
• Gerakan Pramuka
• Program peningkatan Bahasa
• Latihan Pidato (Public Speaking) dengan menggunakan tiga bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.
• Perkemahan, diadakan secara bergiliran di lokasi bumi perkemahan Trubus Iman.
• Kursus-kursus Ketrampilan dan Kesenian, diantaranya: kursus kaligrafi, melukis, komputer dan desain grafis.
• Olahraga, meliputi; lari pagi, sepak bola, futsal, bola basket, bola takraw, tenis meja, bulu tangkis, bola voli dan bela diri.
• Penerbitan buletin dan majalah dinding.
• Pementasan Seni.