Lahir di Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara, 12 April 1983. Setelah mengenyam pendidikan dasar di tempat tinggalnya, Ia menentukan pilihannya untuk belajar di Pondok Pesantren Nurul Hakim, Tembung, Medan. Namun dua tahun kemudian ia memutuskan untuk merantau ke pulau Jawa, belajar di Pondok Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Setelah menyelesaikan studinya pada jenjang KMI (Kulliyatu al-Mu’allimin al-Islamiyah) dalam masa 5 tahun, selain mengajar di Pondok Gontor, ia melanjutkan studi pada Fakultas Syariah, Jurusan Mu’amalah. Pada tahun 2008, kemudian mendapatkan kesempatan beasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, bidang studi Ekonomi Islam. Kini, studi lanjut S-3 (Strata 3/Doktor) sedang ditempuhnya di Universitas Airlangga Surabaya di bidang yang sama.

Selain mengajar di Universitas Darussalam Gontor, ia juga menjadi Dosen Luar Biasa (LB) di Universitas Internasional Semen Gersik Indonesia (UISI), dan menjadi salah satu Pimpinan Pondok Pesantren Trubus Iman li al-Tahfidz al-Qur’an di Tanah Grogot, Provinsi Kalimantan Timur. Pondok pesantren yang dikembangkan dengan model pemberdayaan wakaf yang menjadi kajian disertasinya di UNAIR. Kini ia telah dikarunia seorang putra, dari anak kedua H. Tony Budi Hartono, bernama Anisa Indah Lestari, B.H.Sc., Psikolog.

Selain pengalamannya di dunia akademik, beberapa perhelatan ilmiah diberbagai tempat pernah diikutinya. Seperti, workshop “al-wasathiyah” di Kuwait, berbagai seminar tentang Ekonom Islam di Kuala Lumpur, Lombok, Jakarta, Yogyakarta, dan Kediri. Selain itu, ia aktif berdakwah di tengah-tengah masyarakat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top