Trubus Iman, 12 Oktober 2018. Istirahat sesungguhnya adalah pergantian dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Filsafat operasional Trubus Iman ini benar-benar menjadi nafas kegiatan pondok ini. Selalu ada yang baru. Setiap hari, minggu dan bulan selalu ada perubahan.

Tidak jauh dari Kampus Putri Trubus Iman, diatas lahan yang terbentang luas kini mulai di tanam berbagai varian kurma tropis yang di impor dari berbagai belahan negara. Mulai dari Inggris, Amerika, dan berbagai negara yang ikut mengembangkan jenis ini. Tidak perlu menunggu lama untuk melihat buahnya, dalam waktu 3 tahun menurut percontohannya jenis ini sudah dapat memberikan buah kurma.

Tanaman khas padang pasir ini seperti bukan sebuah rencana untuk di kembangkan di Trubus Iman. Sebab letak pondok yang berada di Desa Padang Pengrapat, Kabupaten Paser, menjadikan tanaman ini juga berada di Padang Paser sesuai dengan nama Desa dan Kabupatennya. Ini takdir ucap pendiri Pesantren sambil bercanda. Rencananya, di dalam area perkebunan kurma ini juga didirikan sebuah tugu Jabal Rahmah ucap H. Tony Budi Hartono.

Masa pembibitan telah mencapai umur 1 tahun. Atas izin Allah, dalam 2 tahun kedepan kurma-kurma ini akan memberikan hasilnya insyaAllah. Semoga benar-benar menjadi Padang Peser nya Kabupat ini, atau bahkan satu-satunya kebun kurma yang tempatnya benar-benar di Padang Paser. Sesuai nama desa dan kabupatennya. Amin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top