Pondok Pesantren Trubus Iman sebagai pondok pesantren yang memiliki visi Berfikir Modern dan Berakhlak Al-quran maka pondok pesantren trubus iman berusaha dengan bersungguh- sungguh untuk melaksanakan visi yang mereka cita-citakan. Tahfidz Al-quran atau menghafal alquran merupakan sebuah proses untuk menjaga dan melestarikan kemurnian alquran yang di turunkan kepada Rasullulah SAW dengan cara menghafal di luar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagaiannya.
Banyak orang ber anggapan bahwa menghafal alquran bias menjadi beban , padahal sebenarnya menghafal alquran memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah. Menghafal alquran atau biasa dikenal tahfidz memiliki hal- hal yang harus di penuhi yakni hafal dalam ingatan , dapata mengucapkan kembali di luar kepala dan dapat memahami maknanya.
Dalam kegiatan wisuda tahfidz yang di selenggarakan pada sabtu ( 15/01/2022) Pondok Pesantren trubus iman berhasil mewisuda 85 hafidz dan hafidzah , Wisuda al-hafidz terbagi atas jumlah Juz yang sudah dihafal, jumlah santri/wati yang menghafal 10 -19 Juz berjumlah 22 Santri, 21 Santriwati, 20 -29 Juz ada 2 Santri 7 santriwati. Sedangkan yang khatam menghafal 30 juz total 14 orang Al-Hafidzah dan 19 Al-Hafidz.
Ustadz. Fujiannor,SAP selaku penanggung jawab program tahfidz di Pondok Pesantren Trubus Iman menjelaskan, dari total 85 hafidz dan hafidzah yang diwisuda kali ini tidak semuanya hadir di aula pertemuan, hal ini dikarenakan dimasa pandemi Covid-19 acara wisuda kali ini bisa juga diikuti secara online melalui aplikasi zoom dan ada sebagian santri/wati yang sudah melanjutkan jenjang pendidikan tinggi.
“Kami sudah menghubungi para Al-hafidz dan Al-Hafidzah yang sudah menyelesaikan masa studi kepesantrenan dan beberapa dari mereka telah bersedia mengikuti prosesi wisuda online walaupun berada diluar kota dengan menggunakan aplikasi Zoom”
Ayahanda H. Toni Budi Hartono selaku pewaqif pondok pesantren Trubus Iman dalam sambutannya mengatakan sesuai Quran Surat Al Ashr, bahwasanya kita semua dalam kerugian kecuali orang yang beriman, beramal soleh, dan saling nasehat menasehati dalam kebenaran dan sabar. Kini kita bisa melihat mereka yang telah memanfaatkan waktunya untuk menghafal Al-Qur’an dan terbukti, mereka yang masih belia mampu menjadi Alhafidz/ah.
Prosesi wisuda ditutup dengan tausiyah oleh Ust. Fahrurrazi Anshar, LC, MA. Ia menyampaikan rasa hormat kepada Ustadz Fujiannor dan K.H. Toni Budi Hartono yang telah konsisten mencetak para kader penghafal Alquran, sebagaimana Janji Allah bahwasanya penghafal Qur’an tidak akan pernah terhenti dan akan selalu bertambah jumlah penghafal untuk memurnikan isi Al qur’an.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top