Trubus Iman: Merajut Kemandirian Berbasis Wakaf, Mengulang Kembali Kejayaan Islam

Kemandirian pesantren Trubus Iman adalah bagian dari kurikulum pendidikan. Juga merupakan contoh pendidikan mental dan karakter untuk seluruh santrinya, bahwa perjuangan membutuhkan totalitas. Bondo bahu piker lek perlu sak nyawane pisan.

Melalui pengembangan produktifitas wakafnya, mencoba kembali mengulang kejayaan pendidikan di zaman keemasan Islam. Dimana wakaf menjadi salah satu pilarnya. Pada saat itu, anak yang baru dilahirkan akan dibantu dengan pendanaan sumber hasil wakaf, kemudian dibesarkan dengan biaya wakaf, masa pendidikannya dibayar dari sumber wakaf, bekerja pun di tempat-tempat wakaf, menikah disponsori hasil wakaf, hingga akhirnya meninggal pun dikebumikan di tanah wakaf. Subhanallah….

Dengan semangat wakaf peradabatan Islam tersebut, Trubus Iman mencoba kembali menyusun dan merangkai langkah-langkah kesuksesan pengelolaan wakaf dengan mengkaji dan mempelajari berbagai sumber wakaf dunia untuk kembali merajut kesuksesan pendidikan melalui pemberdayaan wakaf. Hasbunallah wa ni’ma wakiil, ni’ma maula wa ni’ma nashir.

Sumber wakaf dari berbagai dunia:

Referensi Penelitian Tentang Wakaf

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top