KHIZANATULLAH (SUMBER DANA) YSPITI

Berbagai unit usaha bisnis menjadi sumber pendanaan Yayasan Sosisal dan Pendidikan Islam Trubus Iman (YSPITI) dalam setiap aktifitas kegiatannya. Prinsip bahwa pendidikan tidak boleh terlalu mahal dan harus bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat benar-benar menjadi tujuan pendirian YSPITI. Sumber pendanaa yang dikelola secara profesional dalam lembaga pendidikan pesantren dianggap menjadi salah satu pilar utama untuk menjaga keberlangsungan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan Islam sejenis. Diantara unit-unit usaha yang menunjang berbagai kegiatan dan operasional pesantren diantaranya adalah:

Terletak kurang lebih 2 jam perjalanan dari Kota Tanah Grogot, PT. Trubus Baho Raya mengembangkan perkebunan kelapa sawit seluas 400 ha. Selain itu, di tempat terpisah perusahaan ini juga mulai mengembangkan lahan kelapa sawit yang rencananya diperuntukkan manfaatnya sebagai sumber kesejahteraan guru-guru pesantren.

Diatas lahan seluas 2 Ha, dikembangkan budidayakan jenis tanaman timur tengah kurma atau dalam bahasa latin disebut phoenix dactylifera. Jenis tanaman yang dikembangkan ini adalah kurma barhee yang bisa tumbuh dan berbuah di daerah tropis. Varian ini sudah 11 tahun berkembang di Thailand dan dalam 8 tahun terakhir juga ikut dikembangkan di Malaysia. Bibit tanaman yang langsung di impor dari Inggris dan dikembangbiakkan dengan cara kultur jaringan (tissue culture). Dalam perhitungan, pohon kurma barhee berbuah pada usia 2 hingga 3 tahun. Pada saatnya nanti, akan timbul tunas baru yang bisa ditanam kembali untuk memperluas jumlah perkebunan kurma ini.

Kurma juga merupakan sumber atau bahan makanan masa depan yang menyehatkan dan memiliki nilai ubudiyah atau ibadah. Buahnya bisa dimakan segar, kering atau diproses menjadi berbagai bahan olahan. Bisa juga untuk membuat pudding, roti, cake, biscuit, permen, es krim, dan campuran serealia. Atau untuk membuat jus, cuka, gula, sirup, madu, acar, pasta, dan perasa makanan. Umur ekonomis kurma mencapai 40-50 tahun, namun produktifitasnya mampu mencapai hingga usia ratusan tahun.

Pohon aren atau enau memiliki nama latin Arenga pinnata. Tanaman sejenis kelapa yang memiliki berbagai manfaat serba guna. Mulai dari daunnya, buahnya, hingga batangnya semua memiliki nilai ekonomis. Pohon aren dengan luas 12 Ha kini memasuki usia 7 tahun masa tanam. Menurut perkiraan masa panennya dapat dilihat pada 2-3 tahun kedepan.

Tidak jauh dari lokasi pesantren, berdiri sebuah pabrik AMDK. Hasil produksinya dipasarkan di Kabupaten Paser dan sekitarnya. Saat ini, produksinya baru terbatas pada air minum gelas, namun rencana pengembangan kedepan selain memproduksi air kemasan botol dan galon, Air Kemasan yang memiliki nama Trubus Hijau Asri ini akan memproduksi juga berbagai minuman kemasan seperti sirup, juice dan lain-lain.

Berada di pusat kota Kabupaten Paser, sebuah toko bangunan yang menyediakan berbagai bahan-bahan keperluan konstruksi ini adalah salah satu unit sumber pendanaan YSPITI.  Terletak di Jl. HOS Cokroaminoto No. 55 Tanah Grogot, dengan nama Trubus Steel.

Tidak jauh dari toko bangunan, terdapat Toko Trubus Farm yang menyediakan berbagai keperluan pertanian. Mulai dari bibit tanaman, obat-obat pertanian, pupuk, makanan ternak, hingga segala peralatan yang biasa digunakan dalam bercocok tanam.

Tepat disamping area pesantren, berbagai tanaman buah-buahan juga menjadi salah satu unit usaha yang mendukung pendanaan YSPITI. berbagai jenis tanaman seperti buah salak, manggis, rambutan, durian dan jambu terdapat di tempat agrowisata ini.

Menjadi tempat favorit untuk kalangan walisantri pada saat menjenguk anak-anaknya adalah area restoran dan kolam peternakan ikan yang terletak tidak jauh dari Pondok Pesantren Trubus Iman. Suasana yang tenang dan udara yang segar membuat pengunjung ke tempat ini bisa merasa santai, di tambah dengan pondok-pondok kecil terbuka sebagai tempat istirahat yang memanjang di pinggiran kolam ikan. Pondokan ini juga terbiasa digunakan sebagai tempat makan-makan bersama keluarga.

Beternak burung walet juga menjadi sumber pendanaan YSPITI. Beberapa bangunan bertingkat untuk tempat burung-burung walet tinggal telah selesai didirikan. Salah satu bangunan terletak di tengah-tengah taman putri solehah yang berada di depan asrama putri di dalam area pesantren.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan santri, Pesantren menyediakan berbagai jenis barang kebutuhan santri yang dikelola oleh OPTI (Organisasi Pelajar Trubus Iman). Semua kebutuhan tersedia di koperasi pelajar yang dijaga oleh santri-santri sendiri. Sistem ini juga merupakan bentuk pendidikan di dunia pesantren. Mendidik santri-santri untuk membangun mental wirausaha dengan mencoba ikut dalam aktifitas dagang. Prinsip dari kita, oleh kita dan untuk kita benar-benar ditanamkan pada setiap santri-santri Trubus Iman.

Bidang ini khusus untuk menyediakan berbagai menu makanan ringan dan minuman. Meskipun masih dalam jumlah yang terbatas, unit usaha ini memiliki prospek yang baik bersamaan dengan bertambahnya jumlah penghuni pondok pesantren. Pengelolaan juga ditangani secara mandiri dari santri dan guru-guru, mengingat tempat kantin berada di dalam area pesantren.